Monday, 23 May 2022 02:58

Pemkab Kotim Mulai Galakan Gotong Royong

Written by
Rate this item
(0 votes)

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) mulai menggalakan kegiatan gotong royong di sejumlah kawasan yang ada di Kota Sampit. Ini seperti harapan yang telah lama dicanangkan oleh Bupati Kotim, belum lama ini. 


“Kami sudah mulai melakukan kegiatan gotong royong seperti yang diinginkan Bupati, mengaktifkan lagi kegiatan itu untuk menciptakan Sampit bersih dan bebas banjir,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati, Sabtu 21 Mei 2022.

Lanjutnya, gotong royong dilakukan di sejumlah tempat umum salah satunya pasar subuh Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MBK). Dipilihannya kawasan itu lantaran dinilai sebagai tempat yang menjadi banyak kunjungan warga. Dirinya juga meminta kepada para pedagang dan pengunjung pasar untuk tetap memperhatikan kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan hingga menimbulkan lingkungan yang kotor dan berbau.  “Menjaga kebersihan lingkungan ini tidak bisa hanya satu dua orang saja, tapi harus bersama-sama. Itu juga cara kita dalam mengantisipasi terjadinya genangan air yang sering terjadi di kota ini kala hujan mengguyur deras. Mari kita hidupkan dan tingkatkan lagi budaya gotong royong sesuai dengan Motto Habaring Hurung karena bila kita bersama kerjaan akan menjadi mudah dan ringan. Sehingga Kota Sampit yang kita cintai, khususnya Kotim akan menjadi bersih dan indah,” ujarnya.  Diketahui belum lama ini, Bupati Kotim meminta Camat terutama yang berada di wilayah rawan banjir untuk mengaktifkan kembali kegiatan gotong royong. Sehingga mereka diminta untuk membuat jadwalnya.  Diungkapkannya, untuk menangani itu tidak dapat berharap hanya kepada petugas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saja lantaran jumlah yang terbatas. Sehingga perlunya kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya kembali menggalakkan kegiatan gotong royong, seperti Kecamatan Baamang dan MBK untuk wilayah kota. Pasalnya tidak sedikit gang atau jalan yang terendam air saat diguyur hujan deras.

sumber : https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/05/21/pemkab-kotim-mulai-galakan-gotong-royong

 

Read 126 times