Thursday, 02 December 2021 04:00

Bupati Optimis pada 2023 PAD Kotim Meningkat

Written by
Rate this item
(0 votes)

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor mengaku optimistis pada 2023 pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat. 

Keyakinan ini karena sejumlah potensi yang dinilai dapat meningkatkan pendapatan asli daerah mulai berjalan. Meski pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir. 

 

"Sejumlah sektor perekonomian sudah berjalan dengan baik, dan itulah membuat kami yakin dapat mengembalikan PAD Kotim," ujarnya, Rabu, 01 Desember 2021. 

Salah satu potensi PAD adalah pelabuhan di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang kini mulai beroperasi. 

Pelabuhan tersebut selama ini hanya dimanfaatkan oleh PT Pelindo, namun saat ini telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bekerja sama dengan pihak ketiga. 

 

"Kalau nantinya pelabuhan tersebut dikelola dengan baik, maka akan mendongkrak pendapatan daerah," katanya. 

Semenjak adanya pandemi Covid-19, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim terjadi penurunan. Pada 2021 hanya sebesar 1,9 triliun, dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp 276 miliar. 

Halikin mengungkapkan jika PAD Kotim bertambah, maka akan berpengaruh terhadap APBD Kotim ke depannya, sehingga pelaksanaan pembangunan untuk dapat dilaksanakan dengan cepat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

 

https://www.borneonews.co.id/berita/246187-bupati-optimis-pada-2023-pad-kotim-meningkat

Read 39 times