Sigit

Sigit

Selasa, 11 Februari 2020 01:44

Instansi Daerah

NO INSTANSI ALAMAT
1 SEKRETARIAT DAERAH JL. JEND SUDIRMAN NO. 1 SAMPIT 
2 SEKRETARIAT DPRD JL. JEND SUDIRMAN NO. 3 SAMPIT
3 SEKRETARIAT KORPRI JL. JEND SUDIRMAN NO. 1 SAMPIT
4 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH JL. JEND SUDIRMAN KM. 6,5 SAMPIT
5 BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH JL. AHMAD YANI NO. 14 SAMPIT
6 BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH JL. AHMAD YANI SAMPIT
7 BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH JL. JEND SUDIRMAN NO. 1 SAMPIT
8 BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK JL. JEND SUDIRMAN KM. 1 SAMPIT
9 BADAN PENANGGULANAN BENCANA DAERAH JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
10 DINAS PENDIDIKAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
11 DINAS KESEHATAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 6 SAMPIT
12 DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL JL. HM ARSYAD KM. 3,5 SAMPIT
13 DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA JL. JEND SUDIRMAN KM. 4 SAMPIT
14 DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG JL. HM ARSYAD KM.3 SAMPIT
15 DINAS PERTANIAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
16 DINAS LINGKUNGAN HIDUP JL. JEND SUDIRMAN KM. 6,5 SAMPIT
17 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA JL. HM ARSYAD KM.1,5 SAMPIT
18 DINAS PERIKANAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
19 DINAS SOSIAL JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
20 DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI JL. JEND SUDIRMAN SAMPIT
21 DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA JL . AHMAD YANI NO.118 SAMPIT
22 DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 6,8 SAMPIT
23 DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA JL. MT HARYONO SAMPIT
24 DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA JL. JEND SUDIRMAN KM. 6,7 SAMPIT
25 DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
26 DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 7 SAMPIT
27 DINAS PERHUBUNGAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 6 SAMPIT
28 SATUAN POLISI PAMONG PRAJA JL. CILIK RIWUT KM. 0 SAMPIT
29 DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN JL. AHMAD YANI SAMPIT
30 DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN JL. JEND SUDIRMAN SAMPIT
31 DINAS KETAHANAN PANGAN JL. JEND SUDIRMAN KM. 4,5 SAMPIT
32 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU JL. KAPTEN MULYONO NO.1 SAMPIT
33 AKADEMI KEPERAWATAN JL. BATU BERLIAN NO. 11 SAMPIT
34 INSPEKTORAT JL. JEND SUDIRMAN KM. 6,7 SAMPIT
35 RSUD dr. MURJANI SAMPIT JL. H.M. ARSYAD NO.065 SAMPIT

 

Selasa, 11 Februari 2020 01:35

Geografis

Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki luas yang relatif besar, yaitu 16.796 km2 atau 10,94 persen dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan luas wilayah tersebut, Kabupaten Kotawaringin Timur terbagi atas 17 kecamatan yang sebagian besar merupakan dataran rendah. Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur yang beribukota di Kota Sampit secara astronomis terletak di antara 112⁰ 7’ 29” Bujur Timur hingga 113⁰ 14’ 22” Bujur Timur dan 1⁰ 11’ 50” Lintang Selatan hingga 3⁰ 18’ 51” Lintang Selatan. Secara geografis, di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Seruyan, bagian utara hingga timur berbatasan dengan Kabupaten Katingan, dan bagian selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Wilayah kabupaten ini memiliki topografi yang bervariasi antara 3-85 meter di atas permukaan laut. Iklim di Kabupaten Kotawaringin Timur pada umumnya termasuk daerah beriklim tropis basah (lembab). Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, selama tahun 2018 rata-rata suhu udara di Kabupaten Kotawaringin Timur berkisar antara 20,1⁰C sampai dengan 27,1⁰C. Tercatat, suhu tertinggi terjadi pada bulan November mencapai 27,1⁰C. Selama tahun 2018 hampir setiap bulannya terjadi hujan, namun selama Juni hingga Oktober curah hujan cenderung rendah. Curah hujan tertinggi tercatat pada bulan April, yakni mencapai 494,0 mm3 . Sedangkan curah hujan terendah tercatat pada bulan Juli, yaitu 44,90 mm3 .

Sumber : http://kotimkab.bps.go.id

Selasa, 11 Februari 2020 01:28

Arti Lambang

Lambang Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berbentuk “TALABANG” (Perisai) segi empat dengan warna dasar hijau tua bergaris sisi dengan putih didalam dan merah di luar.

Di dalam Talabang terdapat bentuk Tajau (Belanga) yang dilingkari dengan tali yang bermata 59 (Lima Puluh Sembilan) yang didalamnya terdapat lingkaran padi dan kapas berbentuk bulat yang melambangkan kebulatan tekat serta kesetiaan rakyat kepada pemerintah sekaligus melambangkan kekayaan rakyat daerah. Dengan penjelasan sebagai berikut :

Talabang (Perisai) pada umumnya adalah salah satu alat penangkis dan kesanggupan mempertahankan diri dengan gagah berani.

Warna merah adalah Melambangkan keberanian dan kepahlawanan

Warna putih adalah kesucian dan kejujuran Warna kuning adalah kesetiaan dan keluhuran

Warna hijau tua adalah kesuburan dan kemakmuran

Warna hitam adalah keteguhan dan keabadian

Warna biru adalah keterangan Tajau (belanga) yang dilingkari dengan tali bermata sebanyak 59 (lima puluh sembilan) pada leher terdapat 4 (empat) bunga telinga. Angka 59 dan 4 melambangkan tahun dan tanggal disahkannya daerah tingkat II Kotawaringin Timur sebagai daerah otonom.

Didalam Talabang yang perisai terdapat lukisan-lukisan yang merupakan unsur lambang dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Bintang Segi Lima/Bintang Lima Melambangkan Pancasila lambang dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Batang Beringin/Pohon Beringin Melambangkan sejarah nama Kotawaringin serta sekaligus melambangkan satuan pada umumnya. Akar dan 5(lima) kelompok daun rimbun melambangkan “pengayoman” yang berasaskan Pancasila. Berakar tunjang 8 (delapan) buah melambangkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Warna hijau berarti kesuburan Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur
  3. Jukung Patai/Perahu Patai Adalah alat perhubungan khas daerah dalam segala bentuk keperluan lalu lintas sungai
  4. Satu SungaiMelambangkan data monografi sungai mentaya
  5. Mandau Adalah  suatu senjata tradisional yang diciptakan oleh nenek moyang suku dayak. Senjata ini digunakan untuk menghadapi  musuh
  6. Sipet Adalah suatu senjata leluhur suku dayak yang paling ampuh
  7. Parei/Padi Berwarna kuning adalah makanan pokok Bangsa Indonesia. berwarna kuning dan sebanyak 45 butir melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia
  8. Kapas Adalah bahan sandang rakyat Indonesia sebanyak 17 biji melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. Tangkai    kapas dan padi bersilang ditautkan dengan 17 lingkaran tali. Angka yang melambangkan disahkannya Daerah TIngkat II Kotawaringin Timur sebagai daerah otonom.
  9. Tali yang melingkar tajau dan ikatan pada kapas, padi dibawah bintang segi lima melambagkan ikatan persatuan yang tak terberaikan dalam suatu wadah tertentu serta merta sinari cahaya keagungan Pancasila yang dipancarkan oleh bintang  segi lima.
  10. Motto “Habaring Hurung” “Habaring Hurung” dalam bahasa dayak yang berarti bahandep/gotong royong dalam pita berwarna kuning bagian atas dan warna putih bagian bawah.
Selasa, 11 Februari 2020 01:27

Sejarah

Sejarah Kabupaten Kotawaringin Timur

Sampit sebagai Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu kota terpenting di Provinsi kalimantan Tengah. Di samping karena secara ekonomis merupakan daerah kabupaten yang relatif maju juga karena terletak di posisi yang strategis.

Dilihat dari peta regional Kalimantan Tengah, kota Sampit sebelumnya terletak di tengah-tengah dan ini menyebabkan posisinya sangat strategis. Misalnya, warga dari Buntok mau ke Pulau Jawa, maka akan lebih dekat jika melewati Kota Sampit daripada harus ke Kota Banjarmasin. Begitu pun kalau dari Palangkaraya, Kuala Pembuang, maupun Kasongan. Jadi, posisi strategis tersebut akan meningkatkan keunggulan komparatif pelabuhan laut Sampit yang dimiliki daerah ini, terutama akan menarik perekonomian dari kabupaten yang ada di sekitar wilayah Kotawaringin Timur.

Kota Sampit terletak di tepi Sungai Mentaya. Dalam Bahasa Dayak Ot Danum, Sungai Mentaya itu disebut batang danum kupang bulan (Masdipura; 2003). Sungai Mentaya ini merupakan sungai utama yang dapat dilayari perahu bermotor, walaupun hanya 67 persen yang dapat dilayari. Hal ini disebabkan karena morfologi sungai yang sulit, endapan dan alur sungai yang tidak terpelihara, endapan gosong, serta bekas-bekas potongan kayu.

Hingga kini, yang masih menjadi pertanyaan banyak orang adalah asal kata Sampit itu sendiri. Menurut beberapa sumber, kata Sampit berasal dari bahasa Cina yang berarti “31” (sam=3, it=1). Disebut 31, karena pada masa itu yang datang ke daerah ini adalah rombongan 31 orang Cina yang kemudian melakukan kontak dagang serta membuka usaha perkebunan (Masdipura; 2003). Hasil usaha-usaha perdagangan perkebunan ketika itu adalah rotan, karet, dan gambir. Salah satu areal perkebunan karet yang cukup besar saat itu yakni areal di belakang Golden dan Kodim saat ini.

 

Selasa, 11 Februari 2020 01:21

Wakil Bupati

WAKIL BUPATI KOTAWARINGIN TIMUR

H. Muhammad Taufiq Mukri (lahir di Sampit, Kalimantan Tengah, 21 Desember 1952) adalah Wakil  Bupati Kotawaringin Timur yang menjabat saat ini untuk masa periode 2010–2015 dan 2016-2021 berpasangan dengan Bupati H. Supian Hadi, S.Ikom

Visi Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu “Terwujudnya Masyarakat Yang Madani, Dinamis , Mandiri, dan Berdaya Saing Dalam Suasana Religius, Aman dan Sejahtera”.

Karier :

  • Bupati Kotawaringin Timur Periode 2010-2015
  • Bupati Kotawaringin Timur Periode 2016-2021
Selasa, 11 Februari 2020 01:11

Bupati

BUPATI KOTAWARINGIN TIMUR

H. Supian Hadi, S.Ikom (lahir di Kotabaru, Kalimantan Selatan, 21 Februari 1976) adalah Bupati Kotawaringin Timur yang menjabat saat ini untuk masa periode 2010–2015 dan 2016-2021 berpasangan dengan Wakil Bupati H. M. Taufiq Mukri.

Visi Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu “Terwujudnya Masyarakat Yang Madani, Dinamis , Mandiri, dan Berdaya Saing Dalam Suasana Religius, Aman dan Sejahtera”.

Karier :

  • Ketua DPRD Kab Kotim
  • Bupati Kotawaringin Timur Periode 2010-2015
  • Bupati Kotawaringin Timur Periode 2016-2021

 

Selasa, 11 Februari 2020 00:47

Akomodasi

# Nama Hotel Alamat No. Telepon
1 Aquarius Boutique Hotel Jl. Jend Sudirman Km.2,5 Sampi 0531-267000
2 Hotel Midtown Express Jl. MT Haryono No 81 Sampit -
3 Hotel Wella Jl. Tjilik Riwut Km. 3,5 Sampit 0531-31626
4 Hotel Werra Jl. Jend Sudirman Km. 1,5 Sampit 0531-2060050
5 Hotel Gold Inn Jl. MT Haryono 40A Sampit 0531-22995
6 Hotel Grand Sampit Jl. Suprapto No. 25 Sampit 0531-22678
7 Hotel Permata Indah Jl. DI Panjaitan No 64 Sampit 0531- 32114 / 0531-22844 / Fax 0531-21836
8 Hotel Shorea Inn Jl. Tjilik Riwut Km. 3 Sampit  -
9 Hotel Vivo Jl. Pangeran Antasari No.27 Sampit  -
10 Hotel Mercury Jl. DI Panjaitan RT.21 RW.04 Sampit 0531-22999
11 Hotel Meridian Jl. Ahmad Yani Sampit 0531-32222
11 Hotel Pondok Family Jl. Kapten Mulyono No 5, Sampit 0531-34302
12 Hotel Aulia Dinar Jl. Cilik Riwut Km.2,5 Sampit  -
13 Hotel Fairuz Jl. Pelita Timur No 5 Sampit 0531-34880
14 Hotel Sultan Jl. S Parman No 5 Sampit -
15 Hotel Fortuna Jl. S Parman Sampit 0531-23277

 

Tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur.
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah melakukan kesepakatan bersama dengan Universitas Darwan Ali tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur.
Rapat tentang kesepakatan tersebut telah dilaksanakan di Aula Rapat Jelawat Setda Kab. Kotawaringin Timur, Kamis (9/1).
Rapat dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Kotawarigin Timur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Bagian Pemerintahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Koperasi dan UMKM, Lurah, dan Kepala Desa.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur Multazam, ST., M.MT. menyatakan bahwa, maksud kesepakatan bersama ini adalah mewujudkan kerjasama dalam Pengembangan Teknologi Informasi antara Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan Universitas Darwan Ali.

Adapun tujuannya yaitu :

Mengembangkan potensi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam pemanfaatan Teknologi Informasi.
Meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dalam memberikan Pelayanan kepada Publik.
Meningkatkan percepatan pembangunan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui pemanfaatan Teknologi Informasi di semua Bidang.
Meningkatkan penggunaan Teknologi Informasi oleh dunia usaha di Kabupaten Kotawaringin Timur.
Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur melalui digital marketing.
Pimpinan Rapat, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Kotawaringin Timur H. Nur Aswan, SH. mengatakan bahwa, kesepakatan bersama ini yang terpenting adalah tindak lanjut hasil kerjasamanya, jadi tidak hanya sampai di kesepakatan bersama. (bid-pikp-rk)

It won’t be a bigger problem to find one video game lover in your neighbor. Since the introduction of Virtual Game.

It won’t be a bigger problem to find one video game lover in your neighbor. Since the introduction of Virtual Game.

Halaman 1 dari 2