Bidang PIKP

Bidang PIKP

12 November 2019

Sampit (12/11) - Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, telah mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Upacara Ritual Mampakanan Sahur dan Mamapas Lewu yang dilaksanakan sekarang serta ditetapkan sebagai event resmi agenda pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sejalan dengan motto Bupati beserta Wakil Bupati yaitu Bergenik Cepat Membangun Kotim, maka pembangunan di bidang kepariwisataan juga harus kita tingkatkan secara terus-menerus menuju kemajuan yang pada gilirannya akan berdampak pada kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Secara nasional sektor pariwisata merupakan salah satu andalan penghasilan devisa setelah minyak dan gas. Diharapkan dimasa yang akan datang sektor pariwisata di Kabupaten Kotawaringin Timur juga dapat menjadi sektor penerimaan PAD andalan karena daerah kita memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata.

Sejalan dengan semboyan Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Habaring Hurung yang bermakna berkejasama, bergotng royong, membahu-bahu untuk kemajuan pembangunan, maka pembangunan dibidang  kepariwisata harus melibatkan masyarakat setempat dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat, pelaku kepariwisata, serta terintergrasi dengan perkembangan kepariwisataan regional, nasional dan internasional.

Melalui pemberdayaan masyarakat diharapkan pembangunan kepariwisataan menjadi lebih dapat diterima serta mampu memberi nilai dan manfaat yang besar kepada masyarakat. Sehingga dalam masyarakat tumbuh sikap memiliki dan rasa tanggung jawabyang besar sebagai pelaku dan penentu pembangunan kepariwisata dilingkungan kediaman mereka dalam skala local.

Bupati Kotawaringin Timur menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada segenap elemen masyarakat atas peran sertanya dalam membangun dan mengembangkan serta memajukan parawisata daerah. Peran serta tersebut harus terus dibangun dan dikembangkan sejalan dengan semangat pengembangan kebudayaan dan kepariwisata demi tercapainya kemajuan pariwisata daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

11 November 2019

 

Wakapolres Kotawaringin Timur bertindak selaku Inspektur pada Upacara Tabur Bunga Memperingati Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019 di Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan di Pelabuhan penumpang  PT . Pelindo III Sampit , Senin ( 11/11).

Upacara Tabur Bunga dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Jajaran TNI, POLRI, ASN, dan Ibu – ibu Persit dan Bhayangkari.

Inspektur Upacara telah melarung Karangan Bunga , dilanjutkan  oleh para pejabat dan ibu-ibu Persit dan Bhayangkari melakukan tabur bunga ke perairan untuk  mengenang para Pahlawan yang gugur dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

08 November 2019

Upacara Kemah Besar Pramuka (KBP)

dan HUT ke-58 Gerakan Pramuka Kab. Kotawaringin Timur Tahun 2019

 

 

Sampit (8/11) - Bertempat di Bumi Perkemahan desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit pada hari jumat (8/11) telah diselenggarakan upacara Kemah Besar Pramuka (KBP) dan HUT ke-58 gerakan pramuka tahun 2019.

Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Ketua DPRD Kab. Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Bapak Wahyudi K. Anwar (mantan Bupati Kotawaringin Timur tahun 2000-2010) dan diikuti oleh anggota pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur dan dari Kabupaten Kotawaringin Barat serta Kabupaten Barito Selatan.

Inspektur upacara Bupati Kotawaringin Timur diwakili oleh Wakil Bupati Bapak H. Taufiq Mukri, S.H, M.M dalam amanatnya telah membacakan pidato sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam rangka peringatan hari pramuka ke-58 tahun 2019, mengatakan bahwa pada hari Rabu, tanggal 14 Agustus 2019, tentu segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi kita saat ini genap berusai 58 tahun. Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Pramuka di Indonesia berusia jauh lebih tua dari Gerakan Pramuka, tetapi Peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah Persatuan dalam satu wadah tunggal, GERAKAN PRAMUKA Hari pramuka kali ini mengusung tema.

 

 “BERSAMA SEGENAP KOMPONEN BANGSA, GERAKAN PRAMUKA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHANAN NKRI”

 Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan Negara dan bangsa Indonesia. Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka agar kiranya kakak-kakak dan adik-adik dapat diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

 

  1. Merebaknya korupsi, kolusi, dan nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.
  2. Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif.
  3. Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan di berikan kepada generasi penerus pada masa mendatang.
  4. Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana, seperti: banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan.
  5. Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan.
  6. Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari system pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainya menjadi sangat penting. Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ), yang kini merupakan bagian dari program wajib belajar, belum sepenuhnya terakmodir dalam penjenjangan Gerakan Pramuka. Untuk itu, Kwatir Nasional pada Hari Pramuka 2019 ini akan meminta Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional meluncurkan Pramuka Pra-Siaga, yaitu bagi anak-anak yang belum berusia 7 tahun. Memang telah di perkenalkan dalam pasal 17 Anggaran Dasar dan Pasal 38 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Tetapi belum terakmodir dalam Undang-Undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Oleh karena itu, selaku Ketua Kwatir Nasional Gerakan Pramuka berharap, kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal di atas. Kesamaan cara pandang dan Bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khusunya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI, menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan. Hentikan segala upaya untuk menyeret Gerakan Pramuka ke dalam wilayah politik praktis. Lupakan sejarah pahit masa lalu dimana Gerakan Pramuka terkotak-kotak dalam kelompok berdasarkan afilasi politik. Gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI, diamana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka.

 

 

29 Oktober 2019

 

Sampit (29/10) - 

Melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) bekerjasama dengan Lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada hari Selasa, 29 Oktober 2019 Tempat Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jln. H.M .Arsyad Km. 3 Sampit.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kab. Kotim Bapak Ir. H. MACHMUR. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Seluruh SOPDTerkait dan Camat se Kotim untuk ikut serta dalam Sosialisasi Pemantaatan Ruang untuk di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur terutama kaitannya dengan wilayah kerja 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk menujang Kemudahan dalam data penginderaan jauh secara Nasional atau SPACeMAP Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer dengan Narasumber Ibu. Siti Desty Wahyu ningsih, S. Si. dan Ibu. Sukentyas Estuti Siwi, S.Si, MSi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

29 Oktober 2019

Sampit (29/10) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, melalui Sekretariat KORPRI telah menyelenggarakan Pesparawi KORPRI tingkat Kabupaten tahun 2019 yang telah dibuka dengan resmi pada hari selasa ( 29/10 ) bertempat di Laboratorium Seni Budaya SMKN-2 Sampit.

Acara pembukaan dihadiri oleh, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ketua DPRD Kab. Kotawaringin Timur, Kasdim 1015 Sampit, Polres Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Sekretaris KORPRI Kab. Kotawaringin Timur, Ibu Aida Swenson dan Ibu Delima Simamora dari LPPN Pusat, Ketua LPPK, Kab. Kotawaringin Timur, dan para  ASN lingkup Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ketua panitia kegiatan Bapak Johny Tangkere S,H., MSM mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari penyanyi Gereja, khususnya di lingkungan ASN dalam rangka mewakili Pesparawi tingkat provinsi tahun 2020 yang dilaksanakan di Kabupaten Pulangpisau.

Bupati Kotawaringin Timur yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahaan, Hukum, dan Politik Bapak H. Sutaman, SH, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pesparawi KORPRI Kabupaten Kotawaringin Timur yang diselenggarakan sekarang ini memiliki makna yang penting sebagai wahana pemantapan wawasan keagamaan bagi aparatur sipil negara Kristiani pada khususnya. Melalui persembahan puji-pujian kepada Tuhan, umat Kristiani diasah dan diperdalam kualitas spiritualnya serta makin diperteguh kadar keimanan dan cinta kasih yang tulus pada sesama.

Melalui Pesparawi KORPRI diharapkan para ASN dapat mengalami pembaharuan mental spiritual dan komitmen dengan melakukan kerja nyata dan kerja bersama. Serta memperdalam wawasan kebangsaan.

Melalui kegiatan Pesparawi KORPRI ini juga para aparatur sipil negara yang beragama Kristiani dihimpun dalam satu tempat. Dan kondisi seperti ini diharapkan akan semakin memperkaya dan memperkuat pemahaman bagi aparatur sipil negara bahwa masyarakat Kab. Kotim adalah masyarakat yang majemuk dan memiliki nilai persatuan serta kerukunan yang tinggi.

Sebab itulah nilai-nilai persatuan  dan kesatuan perlu terus dipupuk dan dilestarikan sebagai pilar-pilar penyangga yang utama dalam melanjutkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Saya memandang Pesparawi KORPRI merupakan aktualisasi semangat pembangunan di bidang pembinaan mental dan spiritual sebagai upaya memperkokoh ketahanan spiritual umat dalam menghadapi era modernisasi dan globalisasi, katanya. Sesuai tema Pesparawi KORPRI tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2019 yang berbunyi “ Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan (Mazmur 150 : 6) “, diharapkan kegiatan ini memberi nafas dan spirit pembangunan keagamaan ke depan.

Kepada dewan juri beliau mengharapkan dapat bekerja dengan sebaik mungkin dan memberikan penilaian secara obyektif sehingga di dapat penyanyi-penyanyi Pesparawi yang berkualitas yang dapat membawa nama Kotawaringin Timur pada Pesparawi tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

Halaman 1 dari 2

Cari Berita

Kalendar Berita

« October 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Transparansi Pengelolaan Anggaran

JDIH Kabupaten Kotim

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4