Items filtered by date: Selasa, 17 September 2019
17 September 2019 In Berita

MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin  Timur Tahun 2019 yang digelar di Islamic Center Sampit telah di tutup dengan resmi oleh Bupati Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kotawaringin Timur, Selasa (17/9/2019).

Acara penutupan dihadiri penutupan dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum, yang mewakili Kapolres Kotawaringin Timur, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Ketua LPTQ Kab. Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Dewan Hakim dan Panitera MTQ KORPRI, para peserta MTQ KORPRI dan undangan lainnya.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum H. Imam Subekti, S.Pt, M.M mengatakan bahwa beliau menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak telah memberikan partisipasi dan atensi untuk kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini.

Momentum MTQ KORPRI ini hanya untuk melahirkan para juara yang akan menjadi wakil Kabupaten Kotawaringin Timur di ajang MTQ KORPRI Provinsi maupun tingkat Nasional, tetapi juga bermakna sebagai sarana peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran agama berdasarkan Al-Qur’an, memantapkan Ukhuwah Islamiyah, meningkatkan peranan umat Islam khususnya Pegawai Negeri Sipil dalam pembangunan keagamaan serta dalam menjalankan tugas kedinasan maupun kehidupan bermasyarakat.

Selain sebagai ajang kompetisi MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2019 ini juga merupakan ajang silaturahmi antar Anggota Korpri serta meraih prestasi dunia dan akhirat. Saya berharap kiranya segiatan ini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa bagi seluruh Anggota Korpri di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Beliau juga memberi apresiasi yang tinggi karena ternyata cukup banyak Anggota Korpri yang menguasai Seni Baca Al-Qur’an dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Para pemenang pada MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur nantinya akan mengikuti seleksi di Tingkat Provinsi untuk memperoleh tiket ke perhelatan MTQ KORPRI Tingkat Nasional. Diharapkan pada seleksi tingkat Provinsi utusan Kabupaten Kotawaringin Timur mampu meraih prestasi yang membanggakan. Pada MTQ KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 perwakilan dari Kabupaten Kotawaringin Timur dapat menjadi juara ketiga cabang Khat Al-Qur’an Tingkat Nasional Golongan Kaligrafi Kontemporer perwakilan Bapak Kursani dan menjadi satu satunya pemenang perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Kiranya pada MTQ KORPRI Tingkat Nasional yang akan datang lebih banyak lagi perwakilan peserta yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kepada Dewan Pengurus KORPRI, tingkatkan terus kegiatan yang mampu mengapresiasi kelebihan para anggota Korpri.

Selanjutnya untuk pemenang beliau mengucapkan selamat dan siapkan diri untuk berkompetisi keajang yang lebih menantang lagi. Untuk peserta yang belum berhasil, masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi karena MTQ KORPRI ini merupakan ajang tetap dua tahunan, harapnya. (BID-PIKP)

 

17 September 2019 In Berita

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah menggelar Seminar Sehari dalam rangka Hari Museum Indonesia dengan tema “Penyusunan Dokumen Strategi Pengembangan Museum Kayu Sebagai Wisata Edukasi di Sampit, bertempat di Gedung Serba Guna, Senin (16/9/2019).

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, yang mewakili Kapolres Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Ketua Dewan Adat Dayak, Kepala UPT Museum Kayu, Peserta Peninjau, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelaku Budaya, Insan Pers Media Cetak dan Elektronik, Para Pelajar dan Mahasiswa.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H. Halikinnor, S.H, M.M. mengatakan bahwa sebagaimana telah kita lihat hari ini telah berkumpul semua unsur lapisan masyarakat baik para tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Pengusaha, Kepala OPD, Ormas/OKP, LSM, Mahasiswa, Perwakilan Kaum Perempuan serta tokoh masyarakat lainnya mudah-mudahan setelah Seminar ini akan lahirnya konsep tentang strategi pengembangan Museum Kabupaten Kotawaringin Timur ke depan yang sesuai dengan dinamika masyarakat serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan di berbagai sektor.

Sesuai dengan UU Pemajuan Kebudayaan RI No. 5 Tahun 2017. khususnya di dalam pasal 1 yang menyatakan Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan Ketahanan Budaya, dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjalankan peran dalam rangka Pemajuan Kebudayaan, maka diselenggarakan seminar ini. Seminar ini dapat menjadi salah satu wadah penyampaian informasi mengenai khasanah pengetahuan kepada publik sehingga Museum Kayu Sampit, dapat memainkan peran aktif dalam proses belajar mengajar, menunjang pendidikan formal dan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap negara bangsa Indonesia.

Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Kotawaringin Timur hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam tingkah laku setiap diri pribadi masyarakat Kotawaringin Timur. Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing sehingga kata tersebut tidak hanya indah dalam tataran retorika tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata.

Untuk mewujudkan strategi pembangunan sebagimana yang diharapkan oleh masyarakat kita, pengembangan museum sebagai edukasi akses pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, baik Pendidikan Formal maupun Non Formal sehingga Museum mampu melahirkan generasi yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta memiliki Iman dan Taqwa (IMTAQ). Dengan strategi Pendidikan seperti ini ke depan diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Kotawaringin Timur.

Pada kesempatan tersebut beliau mengajak kepada peserta seminar agar dalam Seminar ini dapat mencurahkan pikiran dan pendapat secara serius  guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak untuk pembangunan Kabupaten Kotawaringi Timur di masa mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur Drs. Fajrurahman, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa, kunjungan ke Museum Kayu Sampit terus mengalami peningkatan yaitu pada tahun 2016 sebanyak 706 orang, 2017 sebanyak 1.689 orang, 2018 sebanyak 2.300 orang dan tahun 2019 ditargetkan sebanyak 3.500 pengunjung.

Beliau juga mengharapkan dukungan masyarakat semoga ada hal-hal yang dapat meningkatkan kemajuan Museum Kayu Sampit. (BID-PIKP)

Cari Berita

Kalendar Berita

« October 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Transparansi Pengelolaan Anggaran

JDIH Kabupaten Kotim

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4