Items filtered by date: Kamis, 02 Mei 2019
02 Mei 2019 In Berita

 

 

Bertempat di Gedung RM Cianjur Jalan Jenderal Sudirman Sampit Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Konferensi, Kamis (2/5).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Kotim Drs. HM. TAufiq Mukri SH, MM. Turut hadir Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah beserta rombongan pengurus, unsur FKPD Kab.Kotim, Kepala SOPD, Ketua PWI Kabupaten Kotim beserta Anggota, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuda, Para Wartawan Media Cetak dan Elektronik. Adapun Tema yang diusung yaitu “ Tingkatkan Profesionalitas Wartawan Dalam Mengawal Pembangunan Dan Kehidupan Berdemokrasi”.

Dalam Sambutan Bupati Kotawaringin Timur yang dibacakan oleh Wakil Bupati mengajak seluruh insan pers yang hadir dalam konferensi ini, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen Wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara, terutama Kabupaten Kotim, sekaligus meningkatkan profesionalitas dengan mentaati Kode Etik Jurnalistik, melawan segala jenis hoax dan ujaran kebencian serta unsure provokasi, demi citra, kredibilitas dan integritas Wartawan serta Organisasi PWI.

Keberadaan Organisasi PWI di Kabupaten Kotim ini sangat penting untuk menaungi dan menjamin terjaganya kinerja wartawan yang professional dan benar-benar memahami Kode Etik Jurnalistik. Sehingga wartawan yang tergabung dalam organisasi ini benar-benar kompeten serta dilindungi dan patuh kepada Undang-undang serta Dewan Pers Nasional.

Selain itu, kehadiran PWI juga hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada para wartawan sehingga mereka benar-benar memahami tentang Aturan Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Terutama dengan menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong pesatnya era milenial yang identik dengan kemajuan teknologi dan dinamika dalam kehidupan berdemokrasi.

Hal ini juga mengingat keberadaan Organisasi PWI, merupakan salah satu mitra pemerintah untuk sarana penyampaian informasi, baik dari pemerintah kemasyarakat, maupun sebaliknya di era pesatnya transformasi media saat ini.

Beliau juga berpesan bahwa eksistensi PWI Kabupaten Kotim harus diupayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers, mengingat media dan insan pers juga mitra pemerintah dan sebagai modal dalam mewujudkan percepatan pembangunan Kabupaten Kotim. Selain itu, sumbang saran, kritik membangun disertai solusi dari para Insan Pers dan Media Massa yang bertanggung jawab, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur. Diharapkan budaya kritis dan sumbang saran tersebut mampu terus terpelihara secara santun dan bijak demi tujuan bersama untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Diakhir  sambutannya, Bupati Kotim berharap hasil dari Konferensi PWI Kotim 2019 ini nanti bisa amanah dalam menjalankan roda organisasi serta mampu meningkatkan peran dalam membina dan menaungi wartawan secara profesional, sesuai Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers. (HAR)

 

02 Mei 2019 In Berita

 

Rabu, 01 Mei 2019. Festival budaya kembali di gelar oleh BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) Universitas Muhammadiyah Malang. Festival ini bernamakan " Arkamaya Budaya 2.0 " , dan  festival ini sengaja rutin digelar sejak tahun 2018 silam bertujuan untuk memperkenalkan budaya se-Nusantara yang di himpun beberapa organisasi daerah di kota Malang. Ada beberapa jenis lomba pada rangkaian acara ini, diantaranya : (1) Penampilan Gebyar Seni dan Budaya ( Penampilan Seni Tari ), (2) Gelar Budaya Terbaik ( Pameran Stan Budaya ) , (3) Peragaan Busnaa Terbaik ( Fashion Show ), (4) Parade Budaya, (5) Fotografi

Organisasi Daerah IPMK MALANG (Ikatan Pelajar Mahasiswa Kotawatingin Timur) menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Arkamaya Budaya 2.0 ini. Organisasi IPMK Malang ini merupakan organisasi kedaerahan yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur yang bergerak di kota malang, tentu semua pengurus dan anggota yang terhimpun dari organisasi ini berasal dari tanah kelahiran Kabupaten Kotawaringin Timur.

IPMK Malang selalu menjadi sorotan di kota Malang, hal ini terbukti dengan beberapa gelar prestasi yang  diraih oleh organisasi ini,  baik dari bidang olahraga seeprti Futsal ataupun bidang kesenian yang selalu di ikuti dalam acara festival-festival budaya yang di gelar di Kampus-kampus Kota Malang.

Arkamaya Budaya 2.0 yang di gelar oleh BEM UMM menjadi saksi kebahagiaan Kabupaten Kotawaringin Timur, karena pada acara tersebut organisasi IPMK MALANG mendapatkan gelar Juara Umum. Dari beberapa jenis lomba yang ada, IPMK Malang menjadi salah satu yang paling banyak mendapatkan gelar juara di Arkamaya Budaya 2.0. Gelar juara yang di raih oleh Organisasi IPMK Malang di antaranya : (1) Juara 3 Gelar Budaya Terbaik Gebyar Seni dan Budaya, (2) Juara 1 Peragaan Busana Terbaik, (3) Juara 1 Gelar Budaya ( Pameran Stan Budaya ).

Dedi Rizaldi sebagai Ketua Umum IPMK Malang menyampaikan bahwa, " Alhamdulillah selalu bersyukur , bahwa IPMK Malang di banjiri banyak prestasi di tahun ini. 2 minggu yang lalu kita menjuarai Futsal tingkat organisasi daerah se-Nusantara  dan sekarang kita menjuarai di festival budaya UMM. Semua ini berkat keras semua pengurus dan anggota IPMK Malang. Persiapan 2 bulan untuk acara ini dan akhirnya hasil yang kita dapat sesuai dengan proses yang kita lalui. Harapanya kawan-kawan semua tetap rendah hati, dan mari kita terus memeperkenalkan budaya Habaring Hurung di kota Malang. Dan saya berharap, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk bisa mensupport fasilitas kesenian daerah kita untuk IPMK Mlaang, agar kami disini lebih giat dan semangat lagi untuk memperknalkan budaya Habaring Hurung.

Uji Ari Wiranto sebagai Wakil Ketua Umum IPMK Malang juga menyampaikan bahwa, " Puji Syukur selalu kita ucapkan atas raihan gelar ini. Saya sangat bangga dengan hasil yang di dapat. Semangat teman-teman untuk mempersiapkan segala kebutuhan di acara Arkamaya ini sungguh luar biasa. Bayangkan saja ada beberapa teman-teman yang sampai tidak tidur untuk membuat Huma Betang, semua ini dilakukan hanya untuk memperkenalkan budaya Habaring Hurung di kota Malang. Harapanya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus mensupport kegiatan kita. Karena IPMK Malang tidak hanya aktif mengikuti di kegiatan eksternal, tapi IPMK Malang  juga aktif dalam menggelar kegiatan seperti Kotim Cup , Festival Seni Kalimantan, bahkan kegiatan sosial lainya untuk menunjang hubungan baik antara mahasiswa asal Kotim dan masyarakat Malang.

IPMK Malang tahun ini menunjukan eksistensinya sebagai keOrganisasian Daerah yang aktif dan dinamis dalam memperkenalkan budaya Habaring Hurung di kota Malang. Sesuai dengan prinsipnya bahwa IPMK Malang selalu tetap melestarikan budayanya dan terus membimbing bakat minat sumber daya manusianya agar tetap berkembang dan terus berkarya di kota Malang yang outputnya untuk bumi habaring hurung.

Terakhir, Rahman selaku Official IPMK Malang menyampaikan bahwa, " Hasil tidak pernah berkhianat dengan proses. Proses yang kita lalui sangat luar biasa dari merasakan lelah, letih, bahkan sampai tidak tidur untuk menyiapkan kegiatan ini. Dan ternyata proses itu terbayarkan dengan gelar juara yang di dapat. Tetap semangat dan terimakasih atas partisipasi kawan-kawan. (IPMK Malang)

 

 

 

 

Cari Berita

Kalendar Berita

« May 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4