Items filtered by date: Jumat, 08 November 2019
08 November 2019 In Berita

Upacara Kemah Besar Pramuka (KBP)

dan HUT ke-58 Gerakan Pramuka Kab. Kotawaringin Timur Tahun 2019

 

 

Sampit (8/11) - Bertempat di Bumi Perkemahan desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit pada hari jumat (8/11) telah diselenggarakan upacara Kemah Besar Pramuka (KBP) dan HUT ke-58 gerakan pramuka tahun 2019.

Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Ketua DPRD Kab. Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Bapak Wahyudi K. Anwar (mantan Bupati Kotawaringin Timur tahun 2000-2010) dan diikuti oleh anggota pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur dan dari Kabupaten Kotawaringin Barat serta Kabupaten Barito Selatan.

Inspektur upacara Bupati Kotawaringin Timur diwakili oleh Wakil Bupati Bapak H. Taufiq Mukri, S.H, M.M dalam amanatnya telah membacakan pidato sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam rangka peringatan hari pramuka ke-58 tahun 2019, mengatakan bahwa pada hari Rabu, tanggal 14 Agustus 2019, tentu segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi kita saat ini genap berusai 58 tahun. Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Pramuka di Indonesia berusia jauh lebih tua dari Gerakan Pramuka, tetapi Peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah Persatuan dalam satu wadah tunggal, GERAKAN PRAMUKA Hari pramuka kali ini mengusung tema.

 

 “BERSAMA SEGENAP KOMPONEN BANGSA, GERAKAN PRAMUKA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHANAN NKRI”

 Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan Negara dan bangsa Indonesia. Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka agar kiranya kakak-kakak dan adik-adik dapat diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

 

  1. Merebaknya korupsi, kolusi, dan nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.
  2. Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif.
  3. Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan di berikan kepada generasi penerus pada masa mendatang.
  4. Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana, seperti: banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan.
  5. Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan.
  6. Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari system pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainya menjadi sangat penting. Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ), yang kini merupakan bagian dari program wajib belajar, belum sepenuhnya terakmodir dalam penjenjangan Gerakan Pramuka. Untuk itu, Kwatir Nasional pada Hari Pramuka 2019 ini akan meminta Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional meluncurkan Pramuka Pra-Siaga, yaitu bagi anak-anak yang belum berusia 7 tahun. Memang telah di perkenalkan dalam pasal 17 Anggaran Dasar dan Pasal 38 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Tetapi belum terakmodir dalam Undang-Undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Oleh karena itu, selaku Ketua Kwatir Nasional Gerakan Pramuka berharap, kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal di atas. Kesamaan cara pandang dan Bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khusunya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI, menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan. Hentikan segala upaya untuk menyeret Gerakan Pramuka ke dalam wilayah politik praktis. Lupakan sejarah pahit masa lalu dimana Gerakan Pramuka terkotak-kotak dalam kelompok berdasarkan afilasi politik. Gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI, diamana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka.

 

 

Cari Berita

Kalendar Berita

« October 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Transparansi Pengelolaan Anggaran

JDIH Kabupaten Kotim

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4