PENYERAHAN PIAGAM MATURITAS SPIP LEVEL 3 KEPADA PEMKAB KOTIM DAN KAPABILITAS APIP LEVEL 3 KEPADA INSPEKTORAT KAB KOTIM

05 September 2019

      

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah telah menyerahkan Piagam Maturitas SPIP Level 3 Kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kapabilitas APIP Level 3 Kepada Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Ruang Rapat Anggrek Tebu Setda Kab. Kotawaringin Timur, Kamis (5/9/2019).

Acara Penyerahan tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Sekretariat Daerah, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng beserta 10 Auditor, Kepala SOPD Kab. Kotawaringin Timur dan Undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah Setia Pria Husada mengatakan bahwa Penyerahan Piagam Maturitas SPIP Level 3 satu-satunya di Kalimantan Tengah baru Kabupaten Kotawaringin Timur yang mendapatnya, untuk itu beliau mengapresiasi prestasi Kabupaten Kotawaringin Timur atas capaian Level 3, hal ini adalah hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur

Dikatakan bahwa manfaat Level 3 SPIP bertujuan memberi keyakinan buat Pimpinan, semakin tinggi levelnya semakin kuat.

Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi, S.IKom, M,E dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berkomitmen untuk menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008. Dengan menerbitkan Peraturan Kepala Daerah tentang Penyelenggaraan SPIP.

Meningkatkan Maturitas SPIP Level 3 adalah komitmen dari semua pihak terkait mulai dari Kepala Daerah, Inspektorat, Pimpinan Tinggi hingga jajaran Staf di lingkungan Pemkab. Kotawaringin Timur, dan pembinanaan serta pendampingan intensif dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami meyakini bahwa SPIP bukan sekedar kewajiban tapi merupakan kebutuhan untuk menuju tata kelola Pemerintahan yang baik. Adanya sistem pengendalian pemerintah agar semua kegiatan berjalan dengan baik dan tidak berujung pada permasalahan hukum.”

“Selanjutnya, Saya juga merasa bangga karena di Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Kotawaringin Timur pada saat ini menjadi satu-satunya dan yang pertama kali yang meraih sertifikat Level 3 Kapabilitas APIP”. Itu artinya, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur sudah bisa dijadikan sebagai tempat rujukan untuk meminta saran dan masukan terkait dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan program dan kegiatan, termasuk pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemerintah Daerah.

“Selain itu, Kabupaten Kotawaringin Timur juga bisa dijadikan sebagai daerah tempat studi oleh Pemerintah Daerah lainnya tentang model pengawasan dan penerapannya”.

Apa yang telah dicapai Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur bukanlah upaya yang “simsalabim” atau instan terjadi, tapi ini berhasil setelah melalui proses yang dilakukan dengan dukungan pendampingan- pendampingan (terutama dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah). Sebuah prestasi yang luar biasa bahwa Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur mulai tahun 2017 yang berada pada level 1 dapat meningkatkan kinerjanya sehingga mendapat  sertifikat level 3 Kapabilitas APIP pada tahun 2019 ini.

“Kita sudah bisa mencapai target nasional dimana pencapaian level 3  paling lembat 2019, kita sudah bisa meraihnya tahun ini. Namun saya harap APIP Kotawaringin Timur mampu melaksanakan tugasnya dengan handal dan professional”

“Saya mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka peningkatan-peningkatan efektifitas kinerja Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terkait dengan prestasi yang kita peroleh ini”.

Terima kasih juga saya ucapkan atas kerjasama seluruh elemen pemerintah daerah sehingga selama lima tahun berturut-turut telah menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP.

“Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur saya sangat bersyukur atas dukungan semua pihak sehingga kita sukses meraih prestasi ini”.

Sekretaris Daerah Kab. Kotawaringin Timur H. Halikinnor, SH, M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa Grand design reformasi birokrasi 2010-2025, mengharuskan adanya penataan dan penguatan organisasi, tata laksana, manajemen sumber daya manusia aparatur, pengawasan akuntabilitas, kualitas pelayanan publik, mind set dan culture set yang selaras dengan peran APIP yang efektif sebagaimana Pasal 11 PP 60 tahun 2008.

Pada Tahun 2018, BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance/QA) atas Kegiatan Penilaian Maturitas SPIP di Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan QA dilaksanakan secara uji petik pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (12 OPD) yang mempresentasikan entitas Pemda antara lain :

  • Fungsi Penunjang (Sekretariat Daerah)
  • Fungsi Perencanaan (BAPPEDA)
  • Fungsi Pengelolaan Keuangan (BPKAD dan BAPPENDA)
  • Fungsi Pengawasan Internal (Inspektorat)
  • Fungsi Pelayanan Publik (Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan DPMPTSP)
  • Fungsi SDM dan Organisasi (BKD)
  • Fungsi Informasi dan Komunikasi (Diskominfo)

Hasil QA atas penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2018 menunjukkan bahwa pemerintah daerah telah memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada Level 3 (terdefinisi) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP dengan nilai skor QA sebesar 3,0375.(PIKP)

 

Read 69 times Last modified on Kamis, 05 September 2019 07:43

Cari Berita

Kalendar Berita

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Transparansi Pengelolaan Anggaran

JDIH Kabupaten Kotim

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4