Bupati Kotim Buka Pasar Kuliner Ramadhan 1440H di Taman Kota Sampit

07 Mei 2019

Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan bulan Suci Ramadhan 1440 H / 2019 M, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Pasar Kuliner Ramadhan yang bertempat di Taman Kota Sampit. Dibuka secara langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi, S.Ikom, Senin (6/5/2019). Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kotim, Dandim 1015 Sampit, Wakapolres Kotim, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Manajer BRI cabang Sampit, Camat Mentawa Baru Ketapang dan Camat Baamang serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kotawaringin Timur mengatakan bahwa, pada kesempatan ini beliau mengajak masyarakat Kotawaringin Timur khususnya kaum Muslimin untuk memakmurkan Masjid dan Langgar atau Mushola dengan berbuka puasa bersama, menjalankan ibadah Tarawih dan Tadarus Al - Qur’an, yang hendaknya tidak dimeriahkan dengan membunyikan petasan yang dapat membahayakan diri sendiri serta mengganggu orang lain dalam melaksanakan ibadah, meluruskan dan menguatkan niat untuk meningkatkan amal ibadah pada Bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari pada tahun - tahun sebelumnya.

Mari bersama - sama kita jalani Bulan Ramadhan, bulan yang penuh barokah dan suci ini, dengan memanfaatkannya secara maksimal dalam rangka Ubudiyah baik Hablum Minallah maupun Hablum Minannas. Banyak sekali kebaikan yang dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. untuk orang - orang yang beribadah pada Bulan Suci Ramadhan ini, ujarnya.

Beliau menyambut baik kegiatan Pasar Kuliner Ramadhan 1440 H ini dimana kegiatan ini merupakan agenda rutin kita dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan. Pasar Kuliner Ramadhan ini merupakan tradisi yang sangat positif, disamping untuk memenuhi keperluan kaum Muslimin dalam menyediakan untuk berbuka puasa. Juga produk - produk yang diperdagangkan, kiranya juga dapat meningkatkan kecintaan terhadap kuliner, khususnya kuliner khas Daerah Kotawaringin Timur.

Pemerintah Daerah akan selalu berusaha dan berupaya untuk meningkatkan penyelenggaraan acara Pasar Kuliner Ramadhan ini agar lebih baik setiap tahunnya. Pasar Kuliner Ramadhan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah bagi umat Muslim dalam hal menyiapkan menu berbuka puasa, termasuk juga mengakomodasikan para pedagang khususnya para pelaku UKM meski tidak seluruhnya terakomodasi karena keterbatasan tempat, panitia hanya dapat menampung sebanyak seratus pedagang.

Bupati Kotim berharap agar makanan dan kue yang dijual tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis dan zat perwarna buatan yang dapat membahayakan para pembeli, juga tetap menjaga kebersihan di lingkungan Pasar Ramadhan ini.

Dengan telah dikeluarkannya seruan bersama Bupati, Kapolres dan Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur, terkait dengan hal - hal yang dapat mengurangi nilai ibadah, toleransi serta gangguan Kamtibmas. Seruan bersama tersebut mengatur beberapa ketentuan berjualan makanan, minuman dan melarang makan, minum, merokok di tempat umum pada siang hari serta larangan bagi tempat hiburan seperti karaoke dan hiburan malam lainnya.

Beliau juga mengingatkan untuk seluruh lapisan masyarakat khususnya para pedagang makanan/minuman di pasar - pasar, terminal dan juga di lokasi lainnya agar menghargai dan menjaga sikap kepada saudara - saudara yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan mengatur cara berdagang maupun jam berdagang.(HAR)

Read 62 times Last modified on Selasa, 07 Mei 2019 04:27

Cari Berita

Kalendar Berita

« May 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4