PENGGERAKAN MASYARAKAT DALAM RANGKA IMPLEMENTASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) DI SEKOLAH

18 Desember 2018

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan kegiatan penggerakan masyarakat dalam rangka implementasiGerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) di sekolah yang dilaksanakan di Taman Kota Sampit, Minggu (16/12/18).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi, S.Ikom, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, siswa – siswi pelajar Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kegiata ini untuk memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat sekolah dalam rangka mendukung kegiatan penggerakan masyarakat ini, telah dilaksanakan Rapat Tim Pembina Germas dalam rangka persiapan Penggerakan Masyarakat dalam rangka Implementasi Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Sekolah, Untuk hari ini dimulai dengan Senam Kesegaran Jasmani, Senam GERMAS, Senam Cerdik dan Senam Ayo Makan Ikan, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang anemia dan akan dilakukan minum tablet tambah darah pada siswa perempuan (siswi) SMP dan SMA yang hadir pada hari ini dan makan buah bersama. Kegiatan ini juga didukung dengan display sayur dan buah serta makanan olahan produk industri rumah tangga (UMKM).

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017. GERMAS ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Secara umum GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan. Sedangkan secara khusus GERMAS bertujuan untuk menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular baik faktor biologis, perilaku, dan lingkungan terutama melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi dalam sambutannya mengatakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu program di Sekolah mempunyai keterkaitan dengan GERMAS, karena UKS mempunyai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan pekembangan yang harmonis peserta didik. 

Kedua program ini – GERMAS dan UKS – merupakan upaya bersama lintas sektor dan lintas organisasi bahkan harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Kotawaringin Timur agar dapat terlaksana dengan baik. GERMAS lahir karena banyaknya masalah kesehatan, baik sanitasi yang tidak sehat, kerawanan gizi, penyakit menular, maupun penyakit tidak menular. Hal ini sebagai bentuk keprihatinan bangsa Indonesia yang sedang mengalami perubahan pola penyakit atau yang sering disebut transisi epidemiologi, ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes melitus (kencing manis), stroke, jantung, kanker dan lain-lain. Berdasarkan data WHO, proporsi diabetes melitus pada penduduk usia lebih dari 15 tahun meningkat dari 5,7 persen (2007) menjadi 6,9 persen (2013). Demikian halnya dengan prevalensi stroke meningkat dari 0,83 persen (2007) menjadi 1,21 persen (2013). Peningkatan PTM ini menyebabkan perubahan tren penyebab kematian di indonesia, di mana 57 persen kematian diakibatkan oleh PTM. Faktor risiko kekurangan gizi pada usia dini, obesitas, stres, kurangnya aktivitas fisik, perilaku merokok, dan pola makan yang tidak seimbang berkontribusi pada peningkatan kasus PTM. Kecenderungan kesakitan dan kematian akibat PTM ini menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, terutama pelayanan rujukan di rumah sakit.

           

 

 

Read 217 times Last modified on Rabu, 19 Desember 2018 02:08

Cari Berita

Kalendar Berita

« March 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4