Saturday, 10 July 2021 10:44

Generasi Muda di Kotim diharapkan Semakin Kreatif di Era Digital

Written by
Rate this item
(0 votes)
 
 Webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Jumat, (9/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
 

Palangka Raya (ANTARA) - Menghadapi perkembangan zaman di era digital seperti saat ini, generasi muda di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diharapkan semakin terpacu untuk bisa menjadi kreatif.

"Anak muda harus didorong untuk menjadi kreatif, yakni menghasilkan sesuatu yang baru, 'original'," kata Kepala Diskominfo Kotim Multazam di Sampit, Jumat.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Literasi Digital tahun 2021.

Menurutnya mampu bertindak kreatif sangatlah penting, agar kedepan masyarakat tak hanya menjadi penonton atau menjadi pengikut saja.

Misalnya ketika satu orang membuka kedai kopi atau coffee shop dan yang lainnya juga melakukan hal yang sama dengan membuka kedai kopi, bahkan tanpa disertai sesuatu yang baru atau berbeda untuk ditawarkan kepada konsumen.

Padahal, jika kreatif maka seseorang akan berusaha membuka atau melakukan sesuatu yang baru dan menarik, sehingga berbeda dari yang kebanyakan orang lain lakukan seperti halnya membuka kedai kopi tersebut.

Multazam menjelaskan, setidaknya ada berbagai sumber yang dapat menjadi inspirasi untuk mendapat ide kreatif dan inovatif.

"Salah satunya dengan membaca buku maupun browsing di internet terkait hal-hal yang positif," tuturnya.

Kemudian peka terhadap situasi lingkungan, jika hal ini bisa dilakukan, bahkan suatu masalah pun bisa menjadi peluang usaha.

Riset segala kemungkinan, dengan mencari tahu, hingga meraih ide hebat yang bisa direncanakan. Berkumpul dengan orang yang memiliki minat sama.

"Belajar menjadi seorang kreator, yakni memberikan karya yang lebih baik," jelasnya.

Multazam mengharapkan seiring berkembangnya teknologi informasi di masa kini, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh generasi muda, agar semakin kreatif dan inovatif.

Untuk itu generasi muda diharapkan bisa mengisi waktunya dengan hal-hal bermanfaat yang memberikan dampak positif kepada dirinya agar semakin kreatif. Bukan hanya sebatas atau terlalu sering nongkrong di kedai kopi, tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Sementara itu webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk wilayah Kotawaringin Timur tersebut, dibuka oleh Bupati Halikinnor, serta menampilkan narasumber lainnya yang membahas berbagai hal berkaitan dengan digitalisasi.

Diharapkan melalui literasi digital yang terus digencarkan di seluruh wilayah Indonesia tersebut, termasuk Kotawaringin Timur maupun Kalimantan Tengah, masyarakat benar-benar mampu serta semakin cakap digital.           

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021


 
 
Read 96 times Last modified on Tuesday, 13 July 2021 11:00