Thursday, 03 December 2020 03:21

Dinas Kominfo Kab.Kotim Gelar Webinar bertema Vaksin Aman, Masyarakat Sehat

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) serta Kementerian Kominfo RI menggelar Webinar dengan tema Vaksin Aman, Masyarakat Sehat, yang dilaksakanakan secara Virtual pada Rabu (2/12/2020).

Narasumber pada webinar ini yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur Multazam, ST., M.MT dan Kepala UDD PMI Kabupaten Kotawaringin Timur dr.H. Yuendri Irawanto, M.Kes dengan dipandu oleh Moderator Nadira Rian Ghita.

tujuan webinar adalah untuk membangun pemahaman, kepercayaan, dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan pulih ekonomi bangkit.

dr. Yuendri dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan dari vaksinasi itu untuk merangsang pembentukan anti penyakit sehingga tubuh diharapkan akan kebal terhadap penyakit tersebut atau hanya sakit ringan. Prosesnya antigen yang diberikan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan sakit akan tetapi mampu merangsang sel limfosit untuk menghasilkan antibody.

Berdasarkan penelitian,95% efeksamping dari vaksin bersifat ringan,seperti nyeri pada bekas suntikan atau pun demam yang biasanya berlangsung paling lama 48 jam setelah divaksin.Demam sebagai efek samping sendiri adalah tanda vaksin berhasil memicu system kekebalan tubuh kita. Vaksin dipastikan aman dan ampuh sejak dari proses pengembangannya,sehingga memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada efek samping yang ditimbulkan.

Melalui webinar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait program vaksinasi dan Pemerintah juga ingin melibatkan masyarakat untuk mendukung program pemulihan kesehatan sehingga secara berangsur perekonomian juga akan pulih.(PIKP/Ira)

Read 452 times Last modified on Thursday, 03 December 2020 04:00