01 Oktober 2018

Kabupaten Katawaringin Timur gelar Apel Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Kotim, Senin(1/10/2018).
Selaku Inspektur Upacara Bupati Kotawaringin Timur, turut hadir Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Sekretaris Daerah dan Forkopimda Kab Kotim. Pelaksanaan upacara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Upacara ini diikuti seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkab Kotim, TNI, Polres, Pol PP, Damkar dan Pramuka. Adapun tema yang diangkat adalah Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa. Peringatan ini mengingatkan seluruh rakyat Indonesia pada peristiwa pemberontakan G 30 S/PKI pada tanggal 30 September 1965.

Selain itu Bupati Kotawaringin Timur juga melaksanakan serah terima jabatan kepada pejabat dilingkup pemkab Kotim yang telah dilantik pada Rabu (26/9/2018) lalu.

 

 

 

26 September 2018

Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi S.Ikom melantik sebanyak 415 pejabat Eselon II, III dan IV Rabu (26/9/2018). Para pejabat menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah yang dipimpin Bupati Kotim bertempat di Gedung Serbaguna Sampit.

Pada pelantikan ini turut hadir Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri SH, MM, Sekretaris Daerah Kab Kotim H. Halikinnor, SH, MH, Ketua DPRD Kab Kotim Jhon Krisli, SE, M.Si serta Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam sambutannya Bupati Kotawaringin Timur menyampaikan bahwa  Koordinasi pada SOPD harus lebih dikedepankan. Perlu adanya sinergitas SOPD secara bersama-sama dalam membangun, tidak bergerak parsial. Peningkatan layanan publik menjadi perhatian dan di minta SOPD untuk melakukan inovasi dan terobosan dalam peningkatan layanan public serta netralitas ASN harus diutamakan dalam Pemilu 2019. Para ASN dilingkup Pemkab Kotim juga diminta untuk menjaga dan mengamankan akun media sosial, turut menjaga pesta demokrasi dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Sejumlah pejabat tinggi pratama yang dilantik antara lain :

  1. Poraktina, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) 
  2. Rihel, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran
  3. Imam Subekti, Asisten Administrasi Umum Setda
  4. Ahmad Sarwo Oboi, Kepala Dinas Perumahan Dan Permukiman Rakyat
  5. Hawianan Kepala  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD)
  6. Ellena Rosie Kepala Dinas P3P2KB
  7. Agus Suryo, Staf Ahli
  8. Bima Eka Wardana, Sekretaris DPRD
  9. Suparmadi Kepala Dinas Pendidikan
  10. Arnila, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
  11. Rusmiyati, Kepala Dinas Sosial
  12. Nur Aswan Kepala Badan Kesatuan Bangsa
  13. Redy Setiawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan
  14. Agus Tripurna Tangkasiang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
19 September 2018

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) karena keberadaan mereka strategis dalam membantu pemerintah daerah.

"Mereka diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan penyebarluasan informasi, sosialisasi dan diseminasi pembangunan kepada masyarakat desa, kelurahan, kecamatan bahkan sampai tingkat kabupaten," kata Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur Multazam di Sampit, Selasa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, disampaikan bahwa lembaga komunikasi perdesaan adalah kelompok informasi masyarakat atau sejenis lainnya yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

KIM secara kreatif dan mandiri menjalankan tugas, di antaranya mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itulah pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa. Seperti sosialisasi yang dilakukan terhadap KIM yang ada di Kecamatan Kotabesi dan Mentaya Hilir Utara.

Untuk mendorong kelompok ini menjalankan tugasnya, maka diperlukan serangkaian persiapan penyiapan sumber daya manusia karena menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Kementerian Kominfo sebagai pemangku kepentingan di bidang informasi, bersama-sama dengan satuan organisasi perangkat daerah Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, memiliki kewajiban membina dan memberdayakan KIM.

Menurut Multazam, pihaknya memberikan penguatan agar KIM bisa melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi umum dan fungsi khususnya berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Kemampuan yang didapat, bisa menjadi modal bagi KIM untuk berperan lebih besar dalam mengelola dan mendayagunakan informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Ia berharap, KIM harus menjadi kreator sekaligus motivator bagi masyarakat di sekitarnya. Mereka harus mampu mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

"Semakin kuatnya KIM, maka akan memperkuat keberadaan mereka sebagai mitra pemerintah, seperti dalam program penanggulangan kemiskinan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, koperasi ?serta pengembangan seni dan budaya," tambah Multazam.

KIM diminta membantu mengembangkan peluang pasar sehingga potensi lokal bisa memiliki nilai tambah ekonomi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Multazam juga berpesan, masyarakat harus dibina agar bijak dalam menggunakan media "online" atau media sosial demi menjaga keamanan informasi menjadi bagian utama dalam berkomunikasi. Jangan sampai informasi menjadi ancaman atas integritas dalam berbangsa dan bernegara.

 

Sumber:https://kalteng.antaranews.com/berita/287495/diskominfo-kotim-tingkatkan-pembinaan-kelompok-informasi-masyarakat

Cari Berita

Kalendar Berita

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi