Kondisi Geografis

Secara geografi Kabupaten Kotawaringin Timur terletak di antara 11100’50 – 11300’46 Bujur Timur (BT) dan 00’23’14” – 3032’54” Lintang Selatan (LS). Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki wilayah seluas 16.496 km2 dengan batas-batas wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur adalah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Seruyan
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Katingan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa

Berikut peta wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dapat dilihat pada Gambar 2.1.

Peta Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur
Peta Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur

Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki topografi yang bervariasi yang dapat dibagi dalam 3 (tiga) wilayah bagian sebagai berikut :

  1. Bagian Selatan : Kelompok lereng 0 – 2 %, adalah wilayah dataran rendah merupakan daerah pantai dan rawa dengan jenis tanah orgosol dan alluvial gleihumus yang memiliki unsur hara yang baik, di bagian pesisir dengan jenis tanah alluvial marin yang memiliki unsur hara rendah, dipengaruhi pasang surut air laut, dengan ketinggian 50 m DPL;
  2. Bagian Tengah : Kelompok lereng 2 – 15 %, adalah wilayah dataran yang sebagian besar ditumbuhi hutan tropis, memiliki jenis tanah podsol air tanah, podsolik kuning, dan alluvial gleihumus yang berada di sepanjang sungai, dengan ketinggian 50 – 150 m DPL;
  3. Bagian Utara : Kelompok lereng 15 – 40 %, adalah wilayah dataran tinggi merupakan daerah dengan fisiografi berbukit-bukit memiliki jenis tanah podsolik merah kuning, regosol, dan litosol, wilayah ini terdiri dari batuan yang sebagian bersifat masam dengan kandungan hara yang rendah,dengan ketinggian 150 DPL.
 

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :