Items filtered by date: Sabtu, 07 Juli 2018
07 Juli 2018 In Berita

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan memiliki perkembangan yang sangat cepat dan berdampak besar baik pada perorangan, bisnis, maupun pemerintah. TIK berperan penting dalam memperkuat kedaulatan NKRI. Namun, untuk menjadikan TIK sebagai sarana memperkuat kedaulatan NKRI sesungguhnya memerlukan pembangunan dan pengelolaan TIK yang visioner dan berkelanjutan.

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kominfo Tahun 2018 se-Kalimantan Tengah diselenggarakan di Sampit, Kamis – Jumat, 5-6  Juli 2018 bertempat di Aula Sei Mentaya dan Sei Rege Bappeda Kab.Kotim, Jln Jend. Sudirman Km 6,5 Sampit. Bertemakan “ KOMINFO sebagai PUSAT GRAVITASI BARU menuju KALTENG BERKAH ” dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab Kotim H. Halikinnor, SH, MM.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana koordinasi antara SOPD Kominfo se Kalimantan Tengah. Penempatan pertemuan dimaksud adalah hasil dari Hasil Rakornis Diskominfo se Kalteng Tahun 2017 di Palangka Raya. Sebagai dasar kegiatan ini adalah Surat Penunjukan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah No. 050/452/Sekr/Diskominfo tanggal 4 Oktober 2017 tentang Ketua Forum Diskominfo se Kabupaten/Kota untuk Periode 2017-2018, dimana dalam surat tersebut di minta kepada Diskominfo Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi Tuan Rumah Rapat koordinasi Forum Diskominfo se Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Rakornis ini diikuti ± 200 peserta yang terdiri dari Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, Bappeda, BUMN, Perusahaan Swasta di bidang Kominfo serta  Mitra Kerja Kominfo. Terdiri dari Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Pejabat Eselon III, Eselon IV Diskominfo 13 Kabupaten dan 1 Kota, perwakilan dari Bappeda Kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.

Adapun narasumber Rakornis ini dari Badan Siber Sandi Negara – Balai Sertifikasi Elektronik (BsrE) Agus Mahardika Ari Laks,ono / Sandiman Pertama - Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik di BsrE, Tema : Sosialisasi Penerapan Sertifikat Elektronik untuk mendukung Pemerintah Berbasis Elektronik, Dr.rer.nat. I Made Wiryana, SKom, SSi, MappSc selaku Coordinator of International Collaboration Universitas Gunadarma Jakarta & Technical Coordinator of Portal of Ministry of Youth and Sport. Tema : Kominfo pendorong Transformasi Digital pada Pemerintahan Berbasis Elektronik menuju Kalteng Berkah dan narasumber Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA (Kepala Laboratorium Jaringan Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya) Tema : Membangun layer per layer Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan yang berlangsung sampai 6 Juli 2018 ini, menyimpulkan 5 (lima) kesepakatan khususnya dibidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP).

Kelima kesepakatan tersebut antara lain : Pertama Berkenaan dengan PPID dan penyediaan informasi Publik Diskominfo kabupaten dan kota menyepakati untuk menggunakan aplikasi SIM PPID dari Kemendagri.  Provinsi bersama kabupaten dan kota akan melakukan MoU dengan Kemendagri untuk penggunaan aplikasi tersebut.  Pada Tahun 2019 diharapkan semua Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah sudah menggunakan aplikasi tersebut secara aktif, serta sepakat untuk menyiapkan anggaran bagi penerapan aplikasi ini di kabupaten/kota.  

Kedua, Sebagai pelaksanaan fungsi Kehumasan, Kabupaten/Kota membuat dan mengoptimalkan (bagi yang sudah) saluran komunikasi publik, dalam bentuk website dan social media.

Selanjutnya yang Ketiga, membuat Tim MMC di Kabupaten dan Kota yang bertugas untuk mengoperasionalkan website dan media sosial. Menetapkan admin website dan Admin social media dengan menerbitkan SK Kepala Dinas, dan terhubung dalam group admin-admin se kalteng untuk kemudahan koordinasi dan menunjuk satu orang untuk menjadi admin dalam MMC Provinsi. 

Keempat, menganggarkan pelatihan bersama dengan Kominfo se Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2019 untuk berbagai materi yang dibutuhkan dalam proses penguatan komunikasi publik, mulai dari Pembuatan Berita, Jurnalistik Foto, Manajemen Press Conference sampai dengan Riset Media. Kabupaten menyiapkan dana SPPD untuk peserta yg dikirim. Provinsi menyediakan anggaran untuk hal-hal terkait pelaksanaan kegiatan dan pembiayaan Narasumber, tambahnya.

Dan kelima, kabupaten/kota agar bisa melakukan inventarisasi keberadaan dan mempersiapkan KIM di wilayah masing2 untuk diikutsertakan pada pekan KIM di tingkat Provinsi. Provinsi akan memfasilitasi Pembiayaan Pekan KIM dan peserta dari kabupaten dan kota.

 

 

Cari Berita

Kalendar Berita

« July 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi