Items filtered by date: Jumat, 08 Jun 2018
08 Jun 2018 In Berita

Pemerintah Daerah (Pemda) Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)melakukan inventarisasi buah-buah lokal untuk dipilih menjadi varietas unggulan guna didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP) Kementerian Pertanian RI.

Hal tersebut diwujudkan dalam Penandatanganan MoU atau Nota Kesepahaman bersama di Kantor BPTP Kalteng 7 Juni 2018 yang dihadiri oleh Pejabat Pemda Kotawaringun Timut, Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya serta Peneliti/Penyuluh BPTP Kalteng.

Pemda Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Kapala Bagian Pemerintahan (Hawiannan) mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung langkah yang dilakukan Dinas Pertanian mengandeng BPTP Kalteng dalam upaya menjadikan Kotawingin Timur sebagai model pelestarian Sumber Daya Genetik buah khas Kalteng dan berbarap semakin banyak kabuapten-kabupaten lain yang meniru langkah Dinas Pertanian Kotawaringin Timur.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Ir.I Made Dikantara) Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang memiliki keragaman sumberdaya hayati buah lokal, diantaranya durian waluh, durian otak udang, nenas paun, salak, langsat, dan cempedak dan kegiatan MoU ini adalah tindaklanjut dari kontes buah Unggulan yang pernah diselenggarakan satu tahun yang lalu yang mendapat respon tinggi dari masyarakat.

Sementara itu Kepala BPTP Kalteng (Dr.F.F.Munier) menyambut baik kegiatan kerja sama ini sebagai implementasi dari Tugas dan Fungsi BPTP dalam mengawal dan mendampingi teknologi pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG)Pertanian.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pengelolaan Sumberdaya Genetik (SDG), dalam upaya percepatan pendaftaran varietas ke PPVTPP Kementerian Pertanian, melalui serangkaian proses diantaranya (1) deskripsi varietas, (2) hasil uji keunggulan varietas, (3) hasil uji kebenaran varietas, dan (4) kesanggupan untuk melaksanakan perbanyakan benih yang memenuhi standar mutu, serta (5) kelengkapan administrasi lainnya.

Kemudian Kabag. Pemerintahan Pemda Kotawaringin Timur juga berharap agar kerja sama ini menghasilkan ouput yang nyata sebagai upaya kita untuk dapat melestarikan sumberdaya genetik tanaman buah khas Kalteng serta untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap buah-buah lokal.yang semakin lama semakin tersisih dan tergantikan oleh buah buah import.

(Sumber - Dinas Pertanian Kab. Kotim)

Cari Berita

Kalendar Berita

« August 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi