Diskominfo Kotim Bekerjasama Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palangka Raya Laksanakan Sosialisasi Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio

03 Mei 2018

Sampit-Kamis (3/5) – Bertempat di . Hotel Aquarius Jl. Jend. Sudirman Km. 2,5 Sampit, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palangka Raya serta Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio, Standarisasi Alat/Perangkat Radio Komunikasi dan E-Licencing Izin Stasiun Radio Dalam Rangka Menuju Tertib, Aman dan Sesuai dengan Peraturan Yang Berlaku.

Sambutan Bupati Kotawaringin Timur disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kotim sekaligus membuka acara tersebut. Di hadiri oleh Perwakilan dari Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo  RI, Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palangka Raya, dan sejumlah perwakilan instansi dari BUMN, anggota ORARI, anggota RAPI BUMD, Badan Usaha dan Koperasi serta institusi yang ingin melakukan proses perizinan online.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui program kerja loka Monitor yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat pengguna spektrum frekuensi radio mengenai aturan penggunaan frekuensi radio dan tatacara perizinannya demi terwujudnya penggunaan spektrum frekuensi radio yang tertib, bebas dari gangguan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemerintah mempunyai tanggung jawab dalam hal penggunaan spektrum frekuensi radio yang merupakan sumber daya alam terbatas dan strategis serta mempunyai nilai ekonomis tinggi sehingga harus dikelola secara efektif dan efisien guna memperoleh manfaat yang optimal dengan memperhatikan kaidah hukum nasional maupun internasional, penggunaan spektrum frekuensi radio sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang RI Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi adalah wajib memiliki izin stasiun radio dari pemerintah, harus sesuai dengan peruntukannya serta tidak saling mengganggu, mengingat sifat spektrum frekuensi radio dapat merambat ke segala arah tanpa mengenal batas wilayah negara.

Perkembangan terbaru dalam pelayanan perizinan spektrum frekuensi radio adalah telah dikembangkannya melalui suatu layanan online berbasis internet yang disebut E-Licensing. Dengan penerapan E-Licensing ini Ditjen SDPPI berkomitmen untuk menjadi pelopor layanan yang ramah, cepat dan transparan. (Vdy)

Read 105 times Last modified on Jumat, 04 Mei 2018 01:10

Cari Berita

Kalendar Berita

« May 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi