Deklarasi Menuju Kabupaten Layak Anak Kabupaten Kotawaringin Timur

22 November 2017

Sampit – Acara Deklarasi Menuju Kabupaten Layak Anak bertempat di Gedung Serbaguna Sampit, Selasa (21/11/2017) pagi, dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, Ph.D.

Dalam sambutannya, Yohana mengaku sangat prihatin karena makin banyak kekerasan dialami anak Indonesia. Selain kekerasan dalam keluarga (KDRT), kejahatan seksual terhadap anak juga tinggi, Anak-anak harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya. Keberlangsungan dan kualitas anak-anak saat ini sangat berpengaruh terhadap nasib masa depan daerah dan bangsa ini.

Pemerintah, sekolah, orangtua dan masyarakat memiliki tanggung jawab dalam melindungi hak-hak anak. Dia berharap tidak sampai ada anak-anak yang tidak bisa bersekolah karena alasan ekonomi atau lainnya.

Melihat keseriusan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, dia yakin Kab.Kotim mampu mewujudkan tekad menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Kabupaten layak anak adalah sistem pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengitegritaskan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan pemenuhan hak-hak anak.

Kabupaten Kotawaringin Timur sendiri termasuk Kabupaten ke 348 yang memproklamirkan diri dan bertekad menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Tekad ini harus didukung oleh semua pihak, baik itu Instansi pelayanan publik seperti Puskesmas, Rumah Sakit dan Sekolah-sekolah.

Adapun yang ditetapkan oleh Bupati Kotawaringin Timur sebagai  sekolah ramah anak adalah sebagai berikut PAUD Cita Bunda, SDN 2 Kec.MB.Ketapang, SDN 4 Kec.MB.Ketapang, SDN 1 Basirih Hilir Kec.MHS, SMPN 1 Sampit Kec.MB.Ketapang, SMPN 2 Sampit Kec.MB.Ketapang, SMPN 4 Sampit Kec.MB.Ketapang, MTsN 1 Kec.MB.Ketapang, SMAN 1 Sampit Kec. MB.Ketapang, SMAN 2 Sampit Kec.MB.Ketapang, SMAN 3 Sampit Kec.MB.Ketapang, SMKN 4 Sampit Kec.MB.Ketapang, MAN Sampit Kec. MB.Ketapang, Puskesmas Ramah Anak yaitu Puskesmas Baamang II Sampit Kec. Baamang dan Posyandu Ramah Anak yakni Posyandu Jernas dan BKB HI Mawar Kec. Kotabesi.

Setelah menghadiri Deklarasi Kabupaten Layak Anak di Gedung Serba Guna Yohana juga berkunjung ke sekolah - sekolah yakni TK Cita Bunda, SDN 2 MB Hulu Ketapang dan SMK 4 Sampit, ia menilai ketiga sekolah tersebut sudah ramah anak. Hanya tinggal ditingkatkan lagi dalam beberapa segi kelayakannya.

Read 86 times Last modified on Rabu, 22 November 2017 01:40

Cari Berita

Kalendar Berita

« May 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        
 

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :