Senin, 17 Februari 2020 04:24

Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Launching Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Upacara Hari Kesadaran Nasional pada bulan Februari 2020 dan Launching Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020 telah dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Timur, Senin (17/2).

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, FKPD, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala SOPD, Kepala BPS Kab. Kotawaringin Timur, Camat, undangan lainnya, serta diikuti oleh ASN, TNI, POLRI, dan Siswa-Siswi SLTA.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kab. Kotawaringin Timur Bp H. Halikinoor, SH, MM mengatakan bahwa Hari Kesadaran Nasional yang diperingati pada tanggal 17 setiap bulan memiliki makna penting bagi pemantapan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kita terhadap Bangsa dan Negara selain itu Peringatan Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai Aparatur Negara.

Upacara Hari Kesadaran Nasional ini merupakan momentum bagi kita semua untuk mengingat kembali Tugas dan Fungsi sebagai Abdi Negara yang harus senantiasa bergerak bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya agar terus konsisten dalam memperjuangkan cita-cita Bangsa. Aparatur Negara juga hendaklah memberikan contoh dan teladan yang baik dalam melaksanakan pekerjaan utamanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadikanlah pekerjaan yang kita lakukan agar bernilai ibadah dan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh Aparatur Pemerintah Daerah sebagai Anggota Korpri, dituntut untuk tetap mengedepankan tiga peran utamanya, yaitu sebagai Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah.

Tidak hanya itu, kita selaku Abdi Negara harus senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Dengan rutinnya memperingati Hari Kesadaran Nasional ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat kita untuk bekerja dan mengabdi lebih baik lagi, serta dapat menanamkan rasa kesungguhan dan tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang telah diamanahkan kepada kita di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

Pada hari ini kita juga akan melaksanakan Launching Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020. Upaya ini menjadi langkah penting untuk mewujudkan “Satu Data Kependudukan Indonesia”. Tujuan sensus ini yakni guna menyediakan Data Jumlah, Komposisi, Distribusi, dan Karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Sensus Penduduk Online kali ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Namun bukan berarti Sensus Penduduk ini dilakukan dengan online saja, tapi perpaduan antara Sensus Manual dan Online. Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020 saat ini menggunakan data dasar dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sebagian masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur tinggal atau berdomisili tidak sesuai dengan alamat yang tertera di Kartu Identitas Kependudukannya, maka perlu dilakukan sinkronisasi Data Kependudukan dan Data Sensus. Kelebihan dari sistem Sensus Online ini adalah kesamaan data antara data hasil Sensus dengan data kependudukan.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur siap Mendukung dan Mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020. Terlebih kegiatan ini adalah agenda besar yang rutin dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Kegiatan ini sangat baik, mengingat bahwa Data Kependudukan merupakan Data dalam Perencanaan Kebijakan.

Launching Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020 di Kabupaten Kotawaringin Timur ditandai dengan pelepasan balon oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

(bid-pikp-rk)

Baca 318 kali Terakhir diubah pada Selasa, 18 Februari 2020 02:12