Pembinaan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2017 Desa Tinduk

09 September 2017

Dalam era reformasi dan situasi informasi global sekarang ini,keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) masih diperlukan. Kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik karena faktor sosial (edukatif), ekonomis maupun kultural. Keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan informasi terutama di wilayah blank spot area, menjadikan kesenjangan yang semakin lebar.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan mengunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan teknis, dan sosialisasi berbagai materi pokok kepada masyarakat langsung.

Berdasarkan kondisi diatas dilaksanakan Pembinaan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur dilaksanakan di Desa Tinduk Kecamatan Baamang (8/9). Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfo yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Kabupaten Kotawaringin Timur beserta staf, Ketua PWI, Kepala Desa Tinduk, dan warga anggota KIM Desa Tinduk.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kotim yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Drs. Zulhaidir, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka pelaksanaan ini mengatakan, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada peserta sosialisasi dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Dinas Kominfo Kotim merupakan dinas baru. Tugas Dinas Kominfo yaitu membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan bidang komunikasi dan informatika. Kelompok Informasi Masyarakat ini merupakan mitra dari Diskominfo dalam menyebarluaskan informasi publik, untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas, katanya.

Sebagai narasumber dari Ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian menjelaskan tentang penggunaan Media Sosial serta pengaruh positif dan negatif penggunaan media sosial. Diharapkan masyarakat Desa Tinduk agar hati-hati dalam menggunakan dan menyebarkan berita di media sosial. Sementara itu Kepala Bidang Persandian dan Siber, Rusmawarni, SH dari Diskominfo Santik Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pembicara dalam paparannya mengatakan, menyambut baik kegiatan sosialisasi KIM ini, kelompok informasi masyarakat ini merupakan sarana efektif menyampaikan program Pemerintah atau pihak lain. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat ikut serta secara aktif menyebarluaskan kebijakan Pemerintah Daerah di lingkup desa tinduk.

Di akhir materi, diharapkan KIM bisa membantu Pemerintah untuk menyebarkan informasi yang memberdayakan, yakni informasi yang mengubah cara pandang masyarakat, antara lain informasi kebijakan pemerintah, berita tentang keberhasilan anak bangsa yang berprestasi dan informasi hal-hal unik dan baik yang berada di sekitar kita yang layak untuk disebarluaskan(vdy).

Read 200 times Last modified on Minggu, 10 September 2017 11:52

Cari Berita

Kalendar Berita

« April 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
 

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :