15 Juli 2018

Bendera Merah Putih sepanjang ±520 meter dengan berat ±340 kg dibentangkan di atas Sungai Mentaya mulai dari Taman Ikon Patung Ikan Jelawat sampai ke Mentaya Seberang Kec Seranau untuk memeriahkan suasana perayaan peringatan HUT Bhayangkara ke-72, Sabtu (14/7/2018)

Sebelum dilakukan pembentangan bendera, terlebih dahulu jajaran Pemkab Kotim, diantaranya, Bupati Kotim Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, bersama Kapolres Kotim AKBP Moh. Rommel beserta jajarannya dan pihak kodim, tokoh agama, masyarakat dan pelajar, menggelar apel di ikon patung ikan jelawat.

Pada kegiatan ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Sampit terbukti dengan keikutsertaan 10 buah Tug boat yang ikut berpartisipasi, mereka merasa bangga karena bisa terlibat dalam menarik bendera Merah Putih yang dibentangkan selama ± 30 Menit mulai jam 08.00 wib sampai 08.30 wib

“ Acara pembentangan bendera merah putih merupakan rangkaian peringatan ke-72 Hari Bhayangkara tahun 2018 atas kerjasama Polres Kotim, Pemkab Kotim dan seluruh stakeholder serta elemen Masyarakat dalam rangka menggelorakan kembali jiwa Nasionalisme dan Patriotisme dibawah Panji-panji Merah putih yg Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, ujar Rommel dalam sambutannya.

"Ini merupakan simbol satu kesatuan kita. Jangan ada lagi perpecahan. Beda suku, beda ras, beda agama ataupun beda lainnya, kita tetap satu, Indonesia," tegasnya.

Rommel juga mengajak agar masyarakat tidak mudah terprovokasi. Terlebih di Kabupaten Kotim yang memiliki semboyan Habaring Hurung (Gotong Royong) ini Kamtibmasnya sangat kondusif.

 

 

12 Juli 2018

Jajaran Polres Kotawaringin Timur menggelar Upacara dan Syukuran Peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Taman Ikon Ikan Jelawat, Rabu (11/7/2018). 

Dalam acara ini, Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri bertindak selaku inspektur upacara. Acara ini dihadiri oleh anggota TNI, dinas perhubungan, damkar, Satpol PP, Basarnas dan Batamad. Tema HUT yang diangkat Polri yaitu 'Dengan Semangat Promoter Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019.

Selain petinggi polri seperti Kapolres Kotim AKBP Moh Rommel, hadir juga kepala lembaga lain yakni Kasdim Mayor Inf Amar Nasution, Kepala Kejaksaan Negeri Kotim Wahyudi SH, M.Hum, Perwakilan DPRD H. Supriadi MT.S.Sos dan Kepala Kankemenag Kab Kotim H. Samsudin, S.PdI.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dintaranya anjangsana, sunatan masal, pembagian tali asih. Pada kegiatan itu juga diisi dengan berbagai penampilan dari polisi cilik (Pocil) dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Dipilihnya Taman Ikon Ikan Jelawat pada upacara puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-72 bertujuan agar masyarakat luar daerah maupun masyarakat Kotim sendiri tertarik dan sekaligus mempromosikan ikon Jelawat ke masyarakat luas serta untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu Rommel berharap agar anggota Polri terus meningkatan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas utama polisi yakni pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

 

07 Juli 2018

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan memiliki perkembangan yang sangat cepat dan berdampak besar baik pada perorangan, bisnis, maupun pemerintah. TIK berperan penting dalam memperkuat kedaulatan NKRI. Namun, untuk menjadikan TIK sebagai sarana memperkuat kedaulatan NKRI sesungguhnya memerlukan pembangunan dan pengelolaan TIK yang visioner dan berkelanjutan.

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kominfo Tahun 2018 se-Kalimantan Tengah diselenggarakan di Sampit, Kamis – Jumat, 5-6  Juli 2018 bertempat di Aula Sei Mentaya dan Sei Rege Bappeda Kab.Kotim, Jln Jend. Sudirman Km 6,5 Sampit. Bertemakan “ KOMINFO sebagai PUSAT GRAVITASI BARU menuju KALTENG BERKAH ” dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab Kotim H. Halikinnor, SH, MM.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana koordinasi antara SOPD Kominfo se Kalimantan Tengah. Penempatan pertemuan dimaksud adalah hasil dari Hasil Rakornis Diskominfo se Kalteng Tahun 2017 di Palangka Raya. Sebagai dasar kegiatan ini adalah Surat Penunjukan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah No. 050/452/Sekr/Diskominfo tanggal 4 Oktober 2017 tentang Ketua Forum Diskominfo se Kabupaten/Kota untuk Periode 2017-2018, dimana dalam surat tersebut di minta kepada Diskominfo Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi Tuan Rumah Rapat koordinasi Forum Diskominfo se Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Rakornis ini diikuti ± 200 peserta yang terdiri dari Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, Bappeda, BUMN, Perusahaan Swasta di bidang Kominfo serta  Mitra Kerja Kominfo. Terdiri dari Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Pejabat Eselon III, Eselon IV Diskominfo 13 Kabupaten dan 1 Kota, perwakilan dari Bappeda Kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.

Adapun narasumber Rakornis ini dari Badan Siber Sandi Negara – Balai Sertifikasi Elektronik (BsrE) Agus Mahardika Ari Laks,ono / Sandiman Pertama - Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik di BsrE, Tema : Sosialisasi Penerapan Sertifikat Elektronik untuk mendukung Pemerintah Berbasis Elektronik, Dr.rer.nat. I Made Wiryana, SKom, SSi, MappSc selaku Coordinator of International Collaboration Universitas Gunadarma Jakarta & Technical Coordinator of Portal of Ministry of Youth and Sport. Tema : Kominfo pendorong Transformasi Digital pada Pemerintahan Berbasis Elektronik menuju Kalteng Berkah dan narasumber Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA (Kepala Laboratorium Jaringan Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya) Tema : Membangun layer per layer Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan yang berlangsung sampai 6 Juli 2018 ini, menyimpulkan 5 (lima) kesepakatan khususnya dibidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP).

Kelima kesepakatan tersebut antara lain : Pertama Berkenaan dengan PPID dan penyediaan informasi Publik Diskominfo kabupaten dan kota menyepakati untuk menggunakan aplikasi SIM PPID dari Kemendagri.  Provinsi bersama kabupaten dan kota akan melakukan MoU dengan Kemendagri untuk penggunaan aplikasi tersebut.  Pada Tahun 2019 diharapkan semua Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah sudah menggunakan aplikasi tersebut secara aktif, serta sepakat untuk menyiapkan anggaran bagi penerapan aplikasi ini di kabupaten/kota.  

Kedua, Sebagai pelaksanaan fungsi Kehumasan, Kabupaten/Kota membuat dan mengoptimalkan (bagi yang sudah) saluran komunikasi publik, dalam bentuk website dan social media.

Selanjutnya yang Ketiga, membuat Tim MMC di Kabupaten dan Kota yang bertugas untuk mengoperasionalkan website dan media sosial. Menetapkan admin website dan Admin social media dengan menerbitkan SK Kepala Dinas, dan terhubung dalam group admin-admin se kalteng untuk kemudahan koordinasi dan menunjuk satu orang untuk menjadi admin dalam MMC Provinsi. 

Keempat, menganggarkan pelatihan bersama dengan Kominfo se Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2019 untuk berbagai materi yang dibutuhkan dalam proses penguatan komunikasi publik, mulai dari Pembuatan Berita, Jurnalistik Foto, Manajemen Press Conference sampai dengan Riset Media. Kabupaten menyiapkan dana SPPD untuk peserta yg dikirim. Provinsi menyediakan anggaran untuk hal-hal terkait pelaksanaan kegiatan dan pembiayaan Narasumber, tambahnya.

Dan kelima, kabupaten/kota agar bisa melakukan inventarisasi keberadaan dan mempersiapkan KIM di wilayah masing2 untuk diikutsertakan pada pekan KIM di tingkat Provinsi. Provinsi akan memfasilitasi Pembiayaan Pekan KIM dan peserta dari kabupaten dan kota.

 

 

Cari Berita

Kalendar Berita

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30    

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi