19 September 2018

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) karena keberadaan mereka strategis dalam membantu pemerintah daerah.

"Mereka diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan penyebarluasan informasi, sosialisasi dan diseminasi pembangunan kepada masyarakat desa, kelurahan, kecamatan bahkan sampai tingkat kabupaten," kata Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur Multazam di Sampit, Selasa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, disampaikan bahwa lembaga komunikasi perdesaan adalah kelompok informasi masyarakat atau sejenis lainnya yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

KIM secara kreatif dan mandiri menjalankan tugas, di antaranya mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itulah pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa. Seperti sosialisasi yang dilakukan terhadap KIM yang ada di Kecamatan Kotabesi dan Mentaya Hilir Utara.

Untuk mendorong kelompok ini menjalankan tugasnya, maka diperlukan serangkaian persiapan penyiapan sumber daya manusia karena menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Kementerian Kominfo sebagai pemangku kepentingan di bidang informasi, bersama-sama dengan satuan organisasi perangkat daerah Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, memiliki kewajiban membina dan memberdayakan KIM.

Menurut Multazam, pihaknya memberikan penguatan agar KIM bisa melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi umum dan fungsi khususnya berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Kemampuan yang didapat, bisa menjadi modal bagi KIM untuk berperan lebih besar dalam mengelola dan mendayagunakan informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Ia berharap, KIM harus menjadi kreator sekaligus motivator bagi masyarakat di sekitarnya. Mereka harus mampu mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

"Semakin kuatnya KIM, maka akan memperkuat keberadaan mereka sebagai mitra pemerintah, seperti dalam program penanggulangan kemiskinan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, koperasi ?serta pengembangan seni dan budaya," tambah Multazam.

KIM diminta membantu mengembangkan peluang pasar sehingga potensi lokal bisa memiliki nilai tambah ekonomi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Multazam juga berpesan, masyarakat harus dibina agar bijak dalam menggunakan media "online" atau media sosial demi menjaga keamanan informasi menjadi bagian utama dalam berkomunikasi. Jangan sampai informasi menjadi ancaman atas integritas dalam berbangsa dan bernegara.

 

Sumber:https://kalteng.antaranews.com/berita/287495/diskominfo-kotim-tingkatkan-pembinaan-kelompok-informasi-masyarakat

12 September 2018

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Pemkab Kotawaringin Timur, melalui Panitia Hari Besar Islam Kab.Kotim, menggelar Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh peserta dari pelajar, mahasiswa, sopd dan masyarakat umum, Selasa pagi (11/9/2018). 

Pawai Ta’aruf yang dilepas oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Drs HM Taufiq Mukri SH, MM didampingi oleh Forkorpimda dan Kepala SOPD Kab.Kotim ini mengambil rute mulai depan rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur dan berakhir di Taman Kota Sampit. Terlihat warga Kota Sampit dan sekitarnya sangat antusias untuk menyaksikan pawai ta'aruf ini, diruas-ruas jalan yang dilewati peserta pawai dipenuhi oleh penonton.  

Dengan pawai ta’aruf ini diharapkan dapat membangkitkan dan memotivasi generasi muda Islam untuk mengikuti berbagai kegiatan keislaman yang diselenggarakan oleh Pemkab Kotim.

Mari kita bersihkan jiwa dan kembali kepada Islam yang hakiki, Hijrah dari syirik ke tauhid, dari munafik ke sidiq, dari cinta dunia ke cinta akhirat. Selamat Tahun Baru Hijriyah. Semoga kelak kita menjadi orang-orang yang beruntung, selamat di dunia dan bahagia di hari akhirat kelak.

 

 

 

 

10 September 2018

Dengan mengusung Tema HUT IBI Ke-67 "Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal melalaui GERMAS dan Pelayanan Publik", IBI Kabupaten Kotawaringin melaksanakan Acara Peringatan Gari Ulang Tahun Bidan di Halaman Kecamatan Mentawa Baru Letapang (9/9). Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Kotawaringin Timur dan Wakil Ketua DPRD Kab. Kotim beserta Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam sambutan Bupati di sampaikan Bidan dalam meberikan layanan kepada masyarakat harus terus berupaya meningkatan kualitas. Bupati juga mengajak Bidang di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk terus menjaga, merawat tumbuh kembangnya IBI untuk menjadi organisasi yang bermartabat sejajar dengan organisasi lain maupun organisasi tingkat Dunia.

Kegiatan Ulang Tahun juga di meriahkan dengan berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh Anggota IBI Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sukses Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

 

Cari Berita

Kalendar Berita

« September 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi